Blog Tuttorial Tips dan Update Informasi

Lazada Indonesia

Jokowi Akan Gantikan Megawati Jadi Ketua Umum PDIP?

Presiden Republik Indonesia saat ini yang juga merupakan kader dari partai PDI Perjuangan Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi, ternyata bakal menjadi favorit calon kuat ketua umum PDI Perjuangan menggantikan Megawati. Hal tersebut Jika dibandingkan dengan beberapa nama figur lain dari partai banteng ini seperti Ganjar Pranowo, Tjahjo Kumolo, Puan Maharani serta Pramono Anung. Setidaknya hal demikian yang tercantum dalam survei politik yang dilakukan lembaga Poltracking berdasarkan pendapat pakar dan opinion leader terkait Kongres PDIP. Apakah ini menjadi pertanda bahwa Jokowi bakal menggantikan Megawati Soekarnoputri?

Jokowi Akan Gantikan Megawati Jadi Ketua Umum PDIP

Berdasarkan hasil survei yang melibatkan 200 responden yang terdiri dari pakar dan pengamat politik tersebut, terdapat sembilan kandidat potensial lainnya yang masuk dalam bursa calon Ketua Umum PDIP mendatang. Mereka adalah Megawati Soekarnoputri, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Hasto Kristianto, Joko Widodo,  Pramono Anung, Prananda Prabowo,  Maruara Sirait, dan Tjahjo Kumolo. Jokowi mendapatkan peringkat teratas dengan jumlah perolehan 29,35 persen. Jokowi unggul tipis atau kurang dari satu persen dari nama Pramono Anung yang ada di posisi dua (28,73%).

Menurut  keterangan Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda AR, saat ini terdapat sepuluh aspek kriteria calon pemimpin Partai PDIP yang telah dinilai oleh para pakar dalam survei ini. Aspek-aspek tersebut, seperti dikutip oleh MetroTVNews meliputi sisi integritas dan rekam jejak, kompetensi dan kapabilitas, akseptabilitas publik, visi misi dan gagasan, komunikasi elit, komunikasi publik, kemampuan memimpin organisasi partai, pengalaman dan prestasi memimpin,  kemampuan memimpin koalisi serta kemampuan dalam memimpin pemerintahan dan negara.

Hanta Yuda juga menjelaskan, meskipun saat ini nama Jokowi mendapatkan nilai rata-rata tertinggi, bukan berarti sang presiden langsung unggul dalam hal segalanya. Dalam beberapa aspek penilaian lainnya , sosok Pramono Anung dan Ganjar Pranowo lebih unggul. Hanta Yuda menyebut, “Dalam kemampuan memimpin organisasi. Pramono Anung dinilai lebih tinggi karena pernah menjadi Sekjen PDI Perjuangan.”

Sementara itu, menurut pendapat Profesor Ikrar Nusa Bakti, menyebutkan bahwa sosok Megawati Soekarno Putri sendiri memiliki posisi unik dalam PDIP. Meskipun sebenarnya perannya sebagai ‘The Godmother’, Mega adalah sosok yang bisa menyatukan partai. Ini yang membedakan putri Soekarno itu dengan kader-kader PDIP lain yang dijagokan tampil sebagai pemimpin.
Tag : Politik
0 Komentar untuk "Jokowi Akan Gantikan Megawati Jadi Ketua Umum PDIP?"

Apa Komentarmu ?
Catatan :
1. Gunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomentar
2. Berkomentar lah sesuai dengan tema artikel.
3. Dilarang menuliskan link aktif di kolom komentar, NO SPAM
4. Share this post G+1 sebagai support blogger Indonesia

Back To Top