Blog Tuttorial Tips dan Update Informasi

Lazada Indonesia

Pertalite BBM Baru Pengganti Premium Yang Akan Dihapus

Pertalite adalah jenis BBM Baru Pengganti bahan bakar Premium Yang akan Dihapus dalam waktu dekat oleh pemerintah Indonesia. Pertamina dalam waktu dekat telah berencana akan segera menghapus BBM jenis premium dalam kurun beberapa waktu kedepan atau maksimum sekitar dua tahun ke depan. Sebagai gantinya saat ini pertamina sudah menyiapkan BBM baru jenis  Pertalite dengan kadar oktan yang lebih tinggi, yaitu berkisar antara 90-91. BBM jenis Pertalite akan dijual dipasaran dengan besaran kisaran harga Rp 8.000 hingga Rp 8.300 per liter.  Berdasarkan hasil rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Mnyak dan Gas Bumi yang dipimpin oleh Faisal Basri, pemerintah dalam hal ini melalui Menteri ESDM berharap distribusi BBM baru jenis Pertalite bisa menghilangkan ketergantungan konsumsi publik terhadap BBM jenis Premium dalam periode dua tahun ke depan. 

Pertalite BBM Baru Pengganti Premium Yang Dihapus

Hingga saat ini, negara Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang masih menggunakan BBM jenis premium dengan kadar RON 88. BBM Pertalite yang merupakan produk hasil pengembangan Pertamina, memilik kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan bakar BBM premium. Jika kadar RON premium 88, maka kadar RON pada Pertalite adalah berkisar antara 90 hingga 91. Namun jika dibandingkan dengan BBM Pertamax yang memiliki RON 92, Pertalite masih kalah kualitasnya. 

Lalu bagaimana dengan masalah harga? Apakah BBM baru jenis Pertalite ini akan dibandrol sama dengan harga Pertamax ? Ataukah harganya akan disamakan dengan Premium? Mengenai hal tersebut, Vice President Fuel Marketing PT. Pertamina, bapak Muhammad Iskandar menjelaskan bahwa, menurutnya, dengan nilai kadar oktan 90 hingga 91, harga BBM Pertalite tidak akan semurah dengan Premium,dan tidak pula akan semahal dengan Pertamax. Dengan demikian, untuk masalah harga Pertalite akan dibandrol lebih tinggi dari harga BBM Premium yaitu Rp 6.800 per liter dan pastinya akan lebih murah dari harga Pertamax Rp 8.600 per liter. 

Pertamina sendiri menjelaskan bahwa harga BBM Pertalite ini tidak akan berbeda terlalu jauh dengan harga  Pertamax. Harganya medium antara Rp 8.000 per liter hingga Rp 8.300 per liter. Sehingga nantinya jarak harga dengan Premium dan Pertamax tidak terlalu jauh. Ditambahkan pula sebenarnya ide untuk mengeluarkan BBM baru jenis ini yang memiliki kadar RON 90 bukanlah sebuah wacana baru. Namun baru kali ini saja pihak Pertamina baru menemukan momentum yang dianggap cukup tepat. 

Dengan kondisi dimana premium yang saat ini sudah tidak mendapatkan subsidi lagi dari pemerintah, jadi jarak antara harga BBM keluaran terbaru ini dengan Pertamax tidak akan terlalu jauh atau paling tidak masih terjangkau oleh masyarakat. Pertalite benar-benar akan menjadi komoditas bahan bakar yang tidak disubsidi oleh negara.
Tag : Politik
0 Komentar untuk "Pertalite BBM Baru Pengganti Premium Yang Akan Dihapus"

Apa Komentarmu ?
Catatan :
1. Gunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomentar
2. Berkomentar lah sesuai dengan tema artikel.
3. Dilarang menuliskan link aktif di kolom komentar, NO SPAM
4. Share this post G+1 sebagai support blogger Indonesia

Back To Top