Blog Tuttorial Tips dan Update Informasi

Lazada Indonesia

Candi Bahal Peninggalan Sejarah Berharga Yang Ada Di Paluta

Beberapa waktu lalu saya beserta beberapa orang teman kebetulan sedang berkunjung disalah satu tempat bersejarah yang ada di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Padang Lawas Utara. Salah satu tempat yang sempat kami kunjungi adalah sebuah bangunan peninggalan sejarah yang menurut saya layak menjadi tujuan wisata jika anda berkunjung ke Paluta. Candi Bahal atau yang dikenal juga dengan nama Candi Portibi, terletak di Desa Bahal Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Candi Bahal atau Candi Portibi Peninggalan Sejarah Berharga Yang Ada Di Paluta
Candi Bahal Portibi

Jika anda hendak berkunjung ke paluta ada baiknya untuk menyempatkan diri berkunjung ke tempat ini, hanya memenmpuh jarak perjalanan kurang lebih satu jam dari Gunung Tua ibukota Kabupaten Paluta. Kita bisa menikmati sebuah pemandangan menarik dari bangunan peninggalan sejarah yang ada di Sumatera Utara yaitu Candi Bahal.

Lokasi komplek Candi Bahal sendiri terlihat sangat asri, dikelilingi halaman rumput yang hijau, sebuah bangunan candi tepat berada ditengahnya. Bagi anda yang hobby berphoto ria, anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijaunya rerumputan yang sangat menyejukkan mata. Meski candi ini kondisinya sangat terawat, namun disayangkan jalan atau akses masuk ke lokasi candi masih belum dimaksimalkan. Terlihat kondisi jalan yang rusak untuk masuk menuju candi. Seandainya saja pihak pemerintah selaku penanggung jawab aset berharga ini mau menyisihkan sedikit dana pembangunan daerah untuk mensupport pengelolaan kawasan candi ini, saya yakin akan menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang sangat berpotensi.

Satu hal lagi yang amat disayangkan, banyaknya orang-orang yang tidak bertanggung jawab telah merusak keindahan candi ini dengan mencorat-coret dinding dalam candi dengan tulisan-tulisan "sampah". Pesan saya bagi siapapun mari sama-sama kita jaga tempat serta bangunan bersejarah seperti ini dengan tidak mengotorinya dengan coretan-coretan yang tidak berguna itu. Betapa amat disayangkan, sebuah bangunan sejarah berharga yang indah ini, menjadi rusak akibat tangan-tangan usil yang tidak menghargai keindahan serta sejarhnya.
Tag : review
3 Komentar untuk "Candi Bahal Peninggalan Sejarah Berharga Yang Ada Di Paluta"

recomended lah buat yang suka wisata sejarah... Candinya keren

semoga cepat bisa nyusul kesana ya mbak :D

Apa Komentarmu ?
Catatan :
1. Gunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomentar
2. Berkomentar lah sesuai dengan tema artikel.
3. Dilarang menuliskan link aktif di kolom komentar, NO SPAM
4. Share this post G+1 sebagai support blogger Indonesia

Back To Top